Cara Instalasi CCTV Dengan Kabel LAN Mudah (CCTV Wireless)

infodarijay.com – Teknologi jaman sekarang makin hari makin canggih. Kita bisa memantau kondisi suatu area yang ingin kita pantau dengan menggunakan kamera CCTV. Lalu bagaimana cara instalasi CCTV dengan kabel LAN ? berikut ini adalah tutorialnya.

Taukah anda apa yang di maksud dengan CCTV ?. CCTV merupakan kepanjangan dari Closed Circuit Television atau yang lebih di kenal dengan kamera pengintai telah menjadi kebutuhan penting di banyak tempat, mulai dari rumah, jalan, perkantoran, hingga pusat perbelanjaan.

Salah satu jenis CCTV yang sering di gunakan adalah CCTV dengan kabel LAN. Karena CCTV jenis ini menggunakan kabel jaringan atau kabel LAN untuk menghubungkan kamera dengan DVR (Digital Video Recorder) atau NVR (Network Video Recorder).

Yang kemudian di hubungkan ke jaringan internet untuk memudahkan akses jarak jauh.

Lalu bagaimana cara instalasi CCTV denan kabel LAN? simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Baca juga:

Cara Instalasi CCTV Dengan Kabel LAN

cara instalasi cctv dengan kabel lan

Dalam melakukan pemantauan jarak jauh sangat memudahkan kita melihat situasi yang terjadi di area yang ingin kita pantau secara online menggunakan sinyal internet.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstal CCTV dengan kabel LAN:

1. Pilih CCTV yang cocok untuk kebutuhan Anda

Sebelum membeli CCTV, pastikan Anda telah memahami kebutuhan Anda. Apakah Anda membutuhkan kamera dengan resolusi tinggi atau cukup dengan resolusi standar, apakah kamera tersebut tahan air atau tidak, dan sebagainya. Setelah menentukan kebutuhan Anda, pilih CCTV yang sesuai dengan kebutuhan tersebut.

2. Siapkan peralatan yang diperlukan

Setelah memilih CCTV yang cocok, siapkan peralatan yang diperlukan untuk menginstal CCTV dengan kabel LAN, seperti kabel LAN, DVR atau NVR, dan switch jaringan jika diperlukan.

3. Pasang kamera CCTV

Pasang kamera CCTV sesuai dengan instruksi yang terdapat dalam manual kamera. Pastikan kamera terpasang dengan benar dan posisinya dapat memantau area yang diinginkan.

4. Hubungkan kamera CCTV ke DVR atau NVR menggunakan kabel LAN

Sambungkan kabel LAN ke port LAN pada kamera CCTV dan DVR atau NVR. Pastikan kabel LAN terhubung dengan benar pada masing-masing port.

5. Sambungkan DVR atau NVR ke jaringan

Sambungkan DVR atau NVR ke jaringan menggunakan kabel LAN. Pastikan kabel LAN terhubung dengan benar pada port yang tersedia di DVR atau NVR dan switch jaringan Anda.

6. Konfigurasi jaringan

Setelah terhubung ke jaringan, konfigurasi jaringan pada DVR atau NVR. Atur alamat IP dan gateway default. Pastikan alamat IP yang dipilih berada dalam rentang jaringan yang sama dengan jaringan Anda.

7. Konfigurasi port forwarding

Konfigurasi port forwarding pada router Anda untuk port yang digunakan oleh DVR atau NVR untuk akses jarak jauh. Port forwarding mengizinkan akses ke DVR atau NVR dari luar jaringan Anda.

8. Instal perangkat lunak untuk mengakses DVR atau NVR

Instal perangkat lunak DVR atau NVR pada komputer atau perangkat mobile Anda. Perangkat lunak ini memungkinkan Anda untuk mengakses DVR atau NVR dari jarak jauh melalui jaringan LAN.

9. Uji koneksi jaringan

Setelah semua langkah selesai, uji koneksi jaringan Anda. Pastikan koneksi jaringan Anda stabil dan Anda dapat mengakses DVR atau NVR dari perangkat Anda.

Itulah langkah-langkah untuk menginstal CCTV dengan kabel LAN. Jika Anda masih kesulitan dalam menginstal atau mengonfigurasi CCTV, disarankan untuk meminta bantuan dari teknisi CCTV atau IT profesional yang lebih berpengalaman.

Beberapa hal yang perlu di perhatikan saat menginstal CCTV dengan kabel LAN adalah keamanan dan keandalan jaringan. Pastikan jaringan anda di lindungi dengan password yang kuat dan firewall yang baik untuk mencegah akses yang tidak sah.

Selain itu, pastikan juga bahwa jaringan Anda memiliki kecepatan yang cukup untuk mendukung penggunaan CCTV.

Selain menggunakan kabel LAN, ada juga opsi untuk menginstal CCTV dengan kabel koaksial atau nirkabel (wireless). Namun, setiap opsi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kabel koaksial dapat mendukung jarak jauh yang lebih jauh daripada kabel LAN, namun membutuhkan instalasi kabel yang lebih rumit. Sementara itu, CCTV nirkabel dapat memudahkan instalasi, namun tergantung pada kecepatan dan keandalan jaringan Wi-Fi yang di gunakan.

Baca juga:

Cara Menggunakan  CCTV Jarak Jauh

cara instalasi cctv dengan kabel lan

Mengaplikasikan CCTV jarak jauh memungkinkan anda untuk memantau area yang diawasi dari jarak jauh melalui jaringan internet. Hal ini sangat berguna bagi anda yang ingin memantau keamanan rumah atau tempat kerja anda dari jarak jauh, misalnya saat sedang bepergian atau sedang tidak berada di tempat tersebut.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaplikasikan CCTV jarak jauh:

1. Pastikan CCTV terhubung ke jaringan internet

Sebelum dapat memantau CCTV dari jarak jauh, pastikan CCTV sudah terhubung ke jaringan internet. Anda dapat memastikan koneksi internet pada DVR atau NVR dengan memeriksa koneksi kabel LAN atau melalui pengaturan jaringan pada perangkat.

2. Aktifkan port forwarding pada router

Port forwarding di perlukan untuk mengalihkan lalu lintas jaringan dari internet ke DVR atau NVR. Dalam hal ini, pastikan port yang di gunakan oleh DVR atau NVR sudah di buka dan di alihkan ke alamat IP perangkat.

3. Konfigurasi jaringan pada DVR atau NVR

Kemudian konfigurasikan jaringan pada DVR atau NVR dengan memasukkan alamat IP, subnet mask, dan gateway default. Pastikan juga koneksi internet sudah terhubung dengan benar dan stabil.

4. Pasang aplikasi pengawasan CCTV

Untuk mengawasi CCTV dari jarak jauh, pasang aplikasi pengawasan CCTV pada perangkat yang ingin digunakan, misalnya smartphone atau komputer. Aplikasi ini dapat anda unduh dari toko aplikasi atau situs web produsen CCTV.

5. Masukkan informasi akun dan koneksi

Setelah itu, masukkan informasi akun dan koneksi pada aplikasi pengawasan CCTV, termasuk alamat IP dan port forwarding. Pastikan koneksi internet Anda stabil dan cepat agar dapat memantau CCTV dengan baik.

6. Uji koneksi jaringan

Setelah semua langkah di atas selesai, uji koneksi jaringan Anda. Pastikan koneksi internet stabil dan dapat memantau CCTV dari jarak jauh melalui aplikasi pengawasan CCTV yang telah di pasang.

Dalam mengaplikasikan CCTV jarak jauh, pastikan juga untuk menggunakan password yang kuat pada DVR atau NVR serta jaringan internet Anda untuk mencegah akses yang tidak sah. Selain itu, pastikan juga bahwa jaringan internet anda memiliki kecepatan yang cukup untuk mendukung penggunaan CCTV jarak jauh.

Baca juga:

Akhir Kata

Demikian sedikit informasi yang dapat infodarijay berikan mengenai cara instalasi CCTV dengan kabel LAN. Melakukan instalasi CCTV dengan kabel LAN membutuhkan beberapa langkah yang cukup rumit, namun dapat meningkatkan keamanan di rumah atau tempat kerja anda.

Dalam melakuka instalasi CCTV dengan kabel LAN, pastikan bahwa anda memahami kebutuhan anda dan melakukan instalasi dengan hati-hati untuk memastikan kamera berfungsi dengan baik dan jaringan aman dan andal.

Dengan menggunakan CCTV wireless atau dengan kabel LAN tentu saja dapat sangat mudah untuk kita mengawasi keadaan ruangan atau daerah daerah yang ingin kita pantau.

Perkembangan teknologi saat ini memang sangat mudah untuk kita mengakses apapun dan dimanapun menggunakan satu jalur. Yaitu dengan menggunakan ponsel pintar anda.

Jika anda sedang ber pergian keluar kota dan tidak ada orang yang menjaga rumah. Maka CCTV wireless ini merupakan solusi yang sangat cerdas untuk anda.

Semoga cara instalasi CCTV dengan kabel LAN yang kami berikan di atas bermanfaat. Nantikan ulasan ulasan menarik lainya hanya disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *